Selasa, 19 Januari 2010

Lagu Bengawan Solo Terkenal Di Mancanegara

Lagu Bengawan Solo Terkenal Di Mancanegara - Siapa sangka lagu keroncong berjudul Bengawan Solo cukup laris di pasar mancanegara. Hal ini terlihat dari penyetoran royalti lagu tersebut dari beberapa negara di kawasan Asia, Eropa dan Amerika Latin.

Kemunculan lagu berjudul Bengawan Solo berbarengan dengan masa penjajahan kemerdekaan. Walhasil, tak hanya warga negara Indonesia saja yang menikmati lagu ciptaan Gesang Martohartono namun para tentara penjajah seperti halnya Jepang dan Belanda pun jatuh hati dengan lagu itu.

General Manager Penerbit Musik Karya Pertiwi (PMP) Andi Hutadjulu menyebutkan, setiap satu periode semisal Januari 2009 hingga Juni 2009, jumlah royalti lagu Bengawan Solo yang masuk dari luar negeri mencapai Rp 30 juta.

"Sebenarnya data pemasukan royalti sampai dengan akhir Desember tahun lalu sudah masuk semua. Hanya saja kami masih harus melakukan kroscek data sehingga belum bisa saya informasikan. Ya, jumlahnya dengan periode pertama tidak jauh beda," ujarnya kepada VIVAnews di Solo, Senin 18 Januari 2010.

Lagu Bengawan Solo, disebutkan Andi sangat laku di negara Jepang, Malaysia, Singapura, Hongkong dan China. "Itu baru di kawasan Asia," katanya. Sedangkan di kawasan Eropa, lagu itu cukup laku di negara Belanda dan Suriname. "Kalau di benua Amerika kelihatannya laku di negara Meksiko," ujar dia.

Dari beberapa negara tersebut, menurut dia kontribusi royalti paling besar datang dari Jepang yang digit penerimaanya mencapai 35 persen. Kemudian disusul dari negara Malaysia, Singapura, Hongkong dan China.

"Sebagian besar royalti lagu Bengawan Solo itu dalam bentuk digital media semisal ring back tone (RBT), penjualan lagu melalui internet dan royalti dari pemakaian lagu Bengawan Solo yang dinyanyikan oleh artis dari negara bersangkutan," terang Andi.

Selain lagu Bengawan Solo, lanjut dia, beberapa lagu ciptaan Gesang seperti Jembatan Merah dan Tirtonadi banyak digemari di mancanegara. Bahkan, salah satu lagu yang berjudul Sapu Tangan pernah akan dijadikan sebagai lagu kebangsaan Malaysia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar