Jumat, 02 Oktober 2009

Hari Batik Nasional

Untuk Memperingati Hari Bati Nasional yang jatuh tepat pada hari ini 2 Oktober 2009 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diharapkan menetapkan tanggal 2 oktober 2009 merupakan Hari Batik Nasional karena UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia, sebelumnya presiden telah menyeruhkan kepada seluruh masyarakat untuk serentak memakai dan melestarikan batik di negara kita.

Batik merupakan salah satu warisan nenek moyang kita yang patut di jaga dan di lestarikan oleh karena itu Indonesia telah banyak melakukan hal-hal postitif untuk memperjuangkan batik ini sendiri dan dalam sidang di Abu Dhabi yang berlangsung 28 September hingga 2 Oktober 2009. Unesco akan mengukuhkan batik Indonesia dalam daftar representatif budaya/benda warisan manusia. Pengukuhan akan dilaksanakan di Abu Dhabi Uni Emirat Arab oleh Unesco pukul 20.00 WIB. Sedang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mendeklarasikannya secara resmi pada pukul 21.00 WIB,” ujar Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Ad Interim) Muhammad Nuh di Gedung Departemen Kominfo Jakarta kemarin.

Dijelaskan, proses pengukuhan batik Indonesia cukup panjang, berawal pada 3 September 2008 yang kemudian diterima secara resmi oleh Unesco pada 9 Januari 2009. Tahap selanjutnya pengujian tertutup oleh Unesco di Paris pada 11-14 Mei 2009.

Setelah diresmikan nanti, Muhammad Nuh mengharapkan perkembangan batik di Indonesia dan budaya lainnya semakin meningkatdan bisa menjadi salah satu wujud kebanggaan sera ciri khas negara kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar